MEGAPOLIS.ID, BARABAI – Rumah sakit merupakan penyelenggara pelayanan publik yang padat karya, padat modal, dan padat masalah. Jika tidak dikelola dengan baikbakan memunculkan masalah dalam pelayanan publik.
Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman Kalimantan Selatan mengatakan, beberapa instansi bangga kalau tidak ada keluhan masyarakat yang disampaikan. Padahal belum tentu karena tidak adanya pengaduan, pelayanan publik tersebut sudah bagus.
Maka dari itu, dalam konteks padat masalah, harus ada strategi untuk menanganinya. Bukan sebaliknya, menghindari pengaduan.
“Melalui program Rumah Sakit Prima Melayani (RSPM), kita ingin membangun budaya pelayanan yang prima di rumah sakit,” kata M Firhansyah dalam rapat koordinasi dengan jajaran Direksi dan pegawai RSUD H Damanhuri.
Ia berharap RSUD H Damanhuri bisa memberikan komitmen atas program ini.
“Keteladanan dalam melayani menjadi tantangan tersendiri untuk memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan di Kalimantan Selatan,” katanya.
Direktur RSUD H Damanhuri dr Nanda Sujud Andi Yudha Utama menjelaskan, dalam mewujudkan pelayanan yang prima, pihaknya telah melakukan berbagai perbaikan dan upaya, termasuk melakukan berbagai inovasi.
“Kami mempunyai aplikasi Apam (Aplikasi Pasien dan Aduan Masyarakat). Pengaduan dari masyarakat, bisa disampaikan melalui aplikasi ini. Dengan adanya pengaduan masyarakat, kita akan tahu kekurangan kita dan akan melakukan perbaikan terus menerus”, kata dr. Nanda.
Selanjutnya, kata dia, juga melakukan Pelayanan Kerohanian Pasien (Inovasi Yasien). Melalui program ini, menyediakan rohaniawan untuk mendampingi pasien selama dirawat di rumah sakit. Inovasi layanan Tarang Bulan (Antar Pulang dan Jemput Ambulance), Konsultasi Psikolog Online (Kopi Online), Bank Sampah RSHD (Basah RSHD), Bincang Santai Seputar RSHD (Baturai), serta Notifikasi Alat Pengingat Insulin (Siap Insulin).
“Kami akan sediakan makanan tambahan untuk keluarga pasien dari kalangan kurang mampu. Kami juga mengantar obat ke rumah pasien jika ada keterlambatan dalam pelayanan, dan ini semuanya gratis,” katanya.(ari)
Diterbitkan tanggal 5 September 2025 by admin
Discussion about this post