MEGAPOLIS.ID, BATULICIN – Corporate Social Responsibility (CSR) PT Borneo Indobara (BIB) menggelar pelatihan workshop tata kelola kelembagaan untuk pengelolaan air bersih di Desa Makmur Kecamatan Angsana, Senin (27/8/2024) lalu.
Pelatihan yang diikuti 25 peserta ini terdiri dari kelompok pengelola air bersih Desa Makmur, jajaran Pemerintah Desa, Perkumpulan Warga Mandiri Bersama, KPSpam Desa Banjarsari, dan pihak Pamsimas.
Workshop PT BIB tidak hanya melibatkan tenaga ahli Pamsimas, tapi juga berkolaborasi dengan KPSPAM Desa Banjarsari untuk memberikan testimoni dan sharing knowledge sebagai kelompok dampingan CSR BIB yang telah berhasil mengelola sumber air di Desa Banjarsari.
Ada dua materi diberikan pada workshop ini, materi pertama tentang penguatan Kelembagaan KPSPAMS dan tata kelola administrasi KSPAMS disampaikan oleh Gunadi, Ketua Pasimas Tanah Bumbu.
Sedang materi kedua tentang sharing knowledge dan juga testimoni KSPAMS disampaikan oleh Sundari Puji Rahayu dari pengelola KSPAMS Tirta Wangi Desa Banjarsari.
Disampaikan Sundari Puji Rahayu pada workshop ini, awal mula mengelola kelembagaan KSPAMS hingga sekarang sudah bisa dibilang sukses. “Penyaluran air bersih KSPAMS Tirta Wangi telah 100% tersalurkan ke masyrakat Desa Banjarsari. Airnya kini bisa digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari,” jelas Ayu, sapaan akrab pengelola KSPAM Tirta Wangi ini.
Lebih lanjut, ujarnya, pengelolaan air bersih ini melalui proses yang panjang, awal mula dari kesulitan air, lalu menggunakan sumur bor, sampai menggunakan embung dan sekarang sudah memakai Void Andaru yang disupport oleh PT BIB.
Gunadi kepada masyarakat Desa Makmur menyampaikan, maksud melakukan sosialisasi agar ketika air yang dikelola KPSPAM sudah berjalan, mereka bisa saling bergotong royong untuk mengelola saluran air bersih yang ada.
Sementara itu Silvyna Aditia selaku Departemen Head Empowerment and Development CSR PT Borneo Indobara menyampaikan, pihaknya tidak hanya menyelesaikan proses konstruksi pengadaan sumber air bersih saja, tetapi lebih dari itu memastikan bahwa tata kelola kelembagaan, perijinan, dan aspek lainnya dapat berjalan dengan baik.
“Partisipasi aktif semua pihak terkait dibutuhkan untuk mengelola infrastruktur air bersih ini secara mandiri dan berkelanjutan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan seluruh masyarakat desa dalam jangka panjang,” katanya.
Dan CSR PT BIB, selalu siap mendampingi masyarakat untuk dapat mengelola KPSPAM sampai dengan mandiri. Taklupa dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Pamsimas dan KPSPAMDesa Banjarsari yang telah mau berbagi ilmu dengan teman-teman KPSPAM di Desa Makmur yang baru akan mulai mengelola sumber air bersih yang diprogresskan untuk infrastrukturnya oleh teman-teman dari PT BIB dan juga mitra haulingnya.(wan)
Editor: Agus Salim
Diterbitkan tanggal 30 Agustus 2024 by admin