MEGAPOLIS.ID, Jakarta – Nmax menjadi pionir dalam pengembangan teknologi kekinian. Terbaru Nmax mendapat fitur anyar untuk dapat dorongan tenaga serta engine brake berkat sistem Yamaha Electric Continous Variable Transmission (YECVT). Mungkinkah teknologi YECVT diterapkan ke model lain?
Nmax diketahui masuk ke kategori Maxi Series. Dalam lini Maxi Yamaha masih terdapat model lain, antara lain Aerox, Lexi, dan Xmax.
Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Antonius Widiantoro, mengungkapkan teknologi YECVT bisa saja diterapkan pada model Maxi Series lainnya.
“Sekarang kita fokusnya di Nmax. Ini teknologi yang bagus, dan kita juga mau setiap orang ngerasain manfaat, benefitnya,” ujar Anton di Cirebon, Jawa Barat, belum lama ini.
Nmax sejatinya juga menjadi motor pertama yang diterapkan Y-Connect pada awal 2020. Teknologi itu lalu melebar ke model Maxi Series lainnya, seperti Aerox, Xmax dan terbaru Lexi.
“Kita dengarkan konsumen, kalau memang mereka minta, ya kita pasti pertimbangkan,” kata Anton.
Satu hal yang menjadi perhatian adalah dengan sensasi turbo itu ada harga yang harus dibayarkan. Antara Neo dan Turbo terdapat selisih harga sampai Rp 5 juta.
Perlu diketahui, kata ‘Turbo’ pada Nmax terbaru merupakan bahasa marketing yang diciptakan oleh produsen garpu tala tersebut. Sebenarnya, maksud kata ‘Turbo’ adalah agar memudahkan penyebutan Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).
Teknologi tersebut merupakan nilai jual utama di Yamaha Nmax generasi ketiga. YECVT menggantikan sistem CVT konvensional pada motor, jadi tidak lagi menggunakan roller.
Nmax Turbo menawarkan dua mode berkendara, yakni T (town) dan S (sport). Mode T merupakan opsi standar yang bisa dipakai di wilayah perkotaan, sementara mode S menawarkan pengalaman berkendaraan yang lebih agresif.
Nmax Turbo memiliki tuas Y-Shift yang berada di sebelah kiri. Tuas ini mampu memberikan sensasi berkendara berbeda akselerasi dan deselerasi dengan tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3).
Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering). Pada mode Sport, efek deselerasi juga lebih kuat terasa.
Nmax terbaru itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW (15,1 hp) di 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan pada Yamaha Nmax generasi sebelumnya mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 13,9 Nm / 6.500 rpm. Ada kenaikan torsi sekitar 0,3 Nm. Data spek ini sama seperti mesin terbaru yang juga digunakan pada Yamaha Lexi LX 155.
(detikoto)
Diterbitkan tanggal 3 Agustus 2024 by admin