MEGAPOLIS.ID, BARCELONA – Chief Sporting Officer Dorna Sports, Carlos Ezpeleta mengonfirmasi adanya keinginan membantu Honda Racing Corporation (HRC) dan Yamaha Motor Racing agar kompetitif lagi di MotoGP lewat konsesi. Pemberian konsesi disebutnya cukup krusial membantu tim-tim Eropa menjadi kompetitif.
Dominasi Ducati Corse dan pabrikan-pabrikan Eropa seperti KTM serta Aprilia memang tidak terlepas dari aturan konsesi. Sebaliknya, HRC dan Yamaha belum pernah menikmati hak istimewa tersebut lantaran mendominasi pada kurun 2000 hingga 2019.
Hal sebaliknya justru terjadi pada MotoGP 2023. Ducati, KTM, dan Aprilia, secara bergantian mengisi 10 besar di setiap balapan. Rider-rider Honda dan Yamaha justu amat kesulitan dengan performa kuda besi pacuan mereka.
Ezpeleta mengonfirmasi adanya keinginan untuk memberi konsesi kepada Honda dan Yamaha. Cara tersebut memang terbukti mampu membuat Ducati menjadi kompetitif. KTM dan Aprilia bahkan juga menuai manfaat dari aturan itu.
“Kami sedang mengerjakan sesuatu untuk menolong tidak hanya Honda tetapi juga Yamaha agar mereka bisa menjadi kompetitif lagi secepatnya,” papar Ezpeleta, sebagaimana dimuat Speedweek, Rabu (5/7/2023).
“Honda dan Yamaha di masa lalu sangat berbaik hati dengan aturan konsesi. Itu sangat krusial terhadap sisi kompetitif Ducati dan Suzuki yang dengan cepat menjadi kompetitif, juga bagi KTM serta Aprilia untuk masuk ke kejuaraan ini,” imbuh pria asal Spanyol itu.
Putra dari CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta itu cukup yakin pabrikan-pabrikan Eropa tidak akan keberatan jika Honda dan Yamaha gantian mendapat konsesi. Lagipula, aturan yang satu itu diakuinya perlu diperbarui.
“Pabrikan-pabrikan lain juga pasti akan memahaminya. Posisi resmi Dorna, sistem konsesi itu perlu diperbarui,” tukas Ezpeleta.
Aturan Konsesi
Untuk informasi, aturan konsesi diterapkan bagi pabrikan yang hendak masuk ke MotoGP atau tidak meraih satu pun kemenangan di tahun sebelumnya pada balapan kering. Aturan ini baru diperkenalkan pada 2014.
Konsesi lantas dicabut jika sebuah pabrikan memenuhi enam poin akumulasi yang dihitung tiga untuk kemenangan, dua untuk runner-up, dan satu untuk posisi tiga. Aprilia menjadi tim terakhir yang kehilangan konsesi setelah Aleix Espargaro meraih kemenangan dan enam podium pada MotoGP 2022.
Sebagai pemegang konsesi, sebuah pabrikan mendapat beberapa keistimewaan, seperti tes tertutup yang jumlahnya tidak dibatasi dalam semusim, alokasi mesin yang lebih banyak, serta pengembangan mesin yang tidak dibatasi. Regulasi itu memang ditujukan agar persaingan di MotoGP semakin seimbang.
(Sportstars)
Diterbitkan tanggal 6 Juli 2023 by Muhamad Samani